Qadha Dan Qadar; Ulasan Tuntas Masalah Takdir oleh Ibnul Qayyim Al-Jauziyah.
Format: PDF

Banyak hal mencengangkan, karena Saya baru tahu dan masih belum bisa mencerna. Untuk yang imannya masih belum terlalu kuat untuk menerima hal-hal di luar logika, mungkin buku ini bukan buku yang tepat. Tapi untuk yang sudah kuat imannya, buku ini akan menambah wawasan mengenai takdir setiap manusia.

Bahwa dunia ini diciptakan sejak kapan, kapan takdir manusia itu ditentukan, bahkan juga diceritakan bahwa akhir hidup seorang manusia itu apakah akan masuk surga atau neraka pada saat 40 tahun sebelum dunia diciptakan.


Pertengkaran yang terjadi antara Nabi Musa dan Nabi Adam yang terjadi, dimana Nabi Musa menyalahkan Nabi Adam karena telah memakan buah kuldi sehingga seluruh keturunan Adam harus turun dari surga. Jawaban yang tenang dari Nabi Adam adalah "Apakah kau akan menyalahkanku sedangkan takdirku sudah ditentukan 40 tahun sebelum dunia ini diciptakan? Apa yang aku lakukan adalah sudah menjadi takdirku..."
Cukup membuat Saya mengerti kenapa hidup Saya mempunyai jalan seperti yang Saya jalani sekarang. Intinya adalah, hidup itu "go by the flow".

Download (41,3 mb)